Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20

Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20

Aquadogrehab – Siapa yang tidak mengenal Nokia? Salah satu produsen ponsel terkemuka di Finlandia yang telah ada selama hampir beberapa dekade. Seperti yang kita ketahui, agar dapat bersaing dengan produsen ponsel lainnya, Nokia selalu memproduksi produk-produk terbaru dengan berbagai teknologi.

Pada awal April 2021, Nokia baru saja mengumumkan dua produk terakhirnya, yakni Nokia C10 dan Nokia C20. Meski Nokia C10 baru akan diluncurkan pada Juni 2021 dan Nokia C20 pada Mei 2021, spesifikasi kedua ponsel ini masih menjadi perdebatan luas di dunia maya.

Nokia C10 dan Nokia C20 tampaknya lahir dari banyak kesamaan seperti memiliki jumlah sumber daya yang sama yaitu 3000mAh dengan menerapkan baterai lithium ion dengan sistem removable pluggable.

Tak hanya itu, keduanya dilengkapi dengan dua sensor serupa, termasuk akselerometer untuk mengukur kecepatan suatu objek dan kedekatan dengan keamanan layar sentuh.

Tampilan fisik keduanya juga tidak jauh berbeda. Nokia C10 dan Nokia C20 didesain dengan bodi 191 gram dengan dimensi 169,9 x 77,9 x 8,8 mm. Untuk tampilan, ia menggabungkan panel IPS LCD 6,52 inci dengan bodi layar 77,5% dan kerapatan piksel 269 ppi. Dilengkapi juga dengan lapisan pelindung yang disebut Panda Glass.

Kedua ponsel yang belum dilengkapi fungsi NFC ini juga memiliki menu FM Radio sehingga pengguna dapat mendengarkan melodi lagu dan ocehan penyiar radio di saluran favorit mereka. Menggunakan sistem A-GPS, kedua perangkat Nokia ini menggabungkan teknologi Bluetooth versi 4.2 yang memiliki kecepatan download 2,6 kali lebih cepat.

Seperti halnya ponsel “Adik – Kakak”, kedua perangkat C-series ini menawarkan konfigurasi kamera yang serupa, dimulai dari kamera utama beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 disertai dengan fungsi LED flash dan HDR. . Sedangkan untuk keperluan videografi ditambahkan resolusi 720p@30fps.

Setelah membaca spesifikasi Nokia C10 dan Nokia C20, tentunya Anda sudah mulai menemukan beberapa aspek yang ternyata sama. Lantas, apakah ada perbedaan antara Nokia C10 dan Nokia C20?

Bagi Anda yang belum tahu, Cari Signal akan mengajak Anda menelusuri perbedaan kedua ponsel tersebut melalui uraian berikut ini:

1. Unisoc SC7331E vs Unisoc SC9863A

Kedua smartphone Nokia tersebut berjalan dengan sistem operasi Android 11 (Go Edition). Berkat sistem operasi ini, mampu meningkatkan kinerja perangkat agar lebih cepat.

Salah satu fitur Android 11 versi lite ini adalah fitur Chat Notifications yang akan membuka percakapan di bagian notifikasi untuk memudahkan pengguna dalam membalas pesan.

Setelah diteliti, ternyata kedua perangkat Nokia tersebut membawa chipset Unisoc dengan tipe yang berbeda. Nokia C10 ditenagai oleh chipset Unisoc SC7331E dengan teknologi manufaktur 28 nanometer.

Kemudian CPU diracik dengan Quad-core Cortex-A7 clock 1.3 GHz.Untuk menghadirkan tampilan visual yang impresif, Nokia C10 menggunakan Mali-400 MP2.

Menelusuri isi perut Nokia C20, perangkat ini mengusung Unisoc teacher tipe SC9863A dengan proses manufaktur 28 nanometer.

Performanya bisa diandalkan berkat prosesor Octa-core yang terdiri dari empat core Cortex-A55 dengan clock 1,6 GHz dan empat core Cortex-A55 hingga 1,2 GHz. Dikombinasikan dengan GPU Mali-G52 MC2 untuk mendukung tampilan grafis.

Dari dapur pacu yang dimiliki kedua smartphone Nokia tersebut, dipastikan akan menghasilkan skor AnTuTu yang berbeda.

Sebagai contoh, Nokia C20 berhasil mengumpulkan 23.006 AnTuTu v8 poin, sedangkan Nokia C1 dinilai kurang dari 23.000. Dari sini Anda dapat melihat bahwa kinerja Nokia C20 sedikit lebih dapat diandalkan daripada saudaranya.

2. Keragaman pada Sistem Penyimpanan

Banyak smartphone terbaru saat ini menawarkan ukuran ruang penyimpanan yang berbeda, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, salah satunya dapat menghemat banyak data jika memilih ukuran yang besar atau lebih hemat jika memilih ukuran yang kecil.

Dalam hal ini, Nokia juga menawarkan opsi ukuran ruang penyimpanan yang berbeda dalam dua produk barunya. Bagi para pengguna yang tertarik dengan Nokia C10, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan RAM, yakni 1 GB dan 2 GB.

Sementara itu, memori internal tersedia dalam pilihan 16GB dan 32GB. Pengguna dapat memilih kombinasi 1/16 GB, 2/16 GB, atau 2/32 GB.

Saat pengguna membawa Nokia C20, ia menghadirkan dua pilihan RAM, yakni 1 GB dan 2 GB, sehingga memori internalnya hampir sama dengan C10 yang tampil dalam ukuran 16 GB dan 32 GB. Namun untuk kombinasi ruang penyimpanan, sepertinya Nokia C20 menawarkan lebih sedikit, yakni hanya 1/16 GB dan 2/32 GB.

3. Jaringan 3G vs 4G

Perbedaan lain yang dapat Anda lihat antara Nokia C10 dan Nokia C20 adalah jaringan yang terintegrasi. Alih-alih menggunakan jaringan 5G yang dimaksud, sepertinya kedua ponsel Nokia ini memutuskan untuk tidak menggunakan jaringan yang lebih baru.

Jaringan yang digunakan oleh Nokia C10 adalah 3G, sedangkan Nokia C20 sedikit lebih maju dalam hal memasangkan jaringan 4G. Perangkat dengan jaringan 3G akan memiliki kapasitas transfer data hingga 473,8 Kbps. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 2 Mbps dalam kondisi statis dan 384 Kbps untuk posisi mobile.

Lalu bagaimana dengan perangkat dengan jaringan 4G seperti Nokia C20? Tentu saja, kecepatan yang dihadirkan jauh lebih cepat dari jaringan generasi sebelumnya. Kecepatan maksimum yang akan dialami pengguna jaringan 4G adalah hingga 100Mbps, yang memungkinkan kinerja yang lebih gesit dan kinerja yang lebih baik.

4. Suguhan Warna dan Harga

Perbedaan lain antara Nokia C10 dan Nokia C20 adalah warna dan harganya. Jika ingin membeli Nokia C10, Nokia telah menghadirkan cover pada perangkat terbaru ini dalam dua varian warna, yakni abu-abu dan ungu muda. Sementara itu, Nokia C20 juga tampil dalam dua warna alternatif namun dengan pernak-pernik yang berbeda termasuk pasir dan biru tua.

Jadi, berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk membawa pulang Nokia C10 dan Nokia C20? Kedua ponsel Nokia ini dijual dengan harga yang berbeda, namun tidak terpaut jauh satu sama lain. Untuk Nokia C10, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 1,3 juta. Sementara itu, Nokia C20 menggebrak pasar ponsel dengan harga Rp 1,5 juta per unit.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru